Minggu, 11 Desember 2011

Planet Yang dapat di Huni Manusia, bertambah

Kepler-22b, suatu planet baru yang ditemukan berdasarkan pengamatan dari observatorium antariksa NASA. Planet yang mengorbit dalam jarak 600 tahun cahaya ini disimpulkan bisa dihuni manusia.
Planer ini dianggap memiliki beberapa kemiripan dengan planet Bumi. Ini dijelaskan NASA pada konferensi pers, Senin (5/12) kemarin.
Planet tersebut sama dengan Bumi terletak dalam Zona Goldilocks, yaitu zona dalam sebuah tata surya yang bisa ditinggali makhluk hidup karena terletak dalam jarak tertentu dari bintang pusat tata surya. Pada zona ini, suhu pun kondusif hingga mendukung keberadaan air pada planet.
Secara ukuran, Kepler-22b 2,4 kali lebih besar Bumi. Dia mengelilingi bintangnya dalam periode 290 hari, atau hanya selisih 75 hari dari revolusi Bumi (pergerakan Bumi mengelilingi Matahari) .
Bintang ini tergolong sebagai bintang kelas G yang sangat mirip dengan matahari. "Ini penemuan fenomenal dalam sejarah Homo sapiens,'' ungkap  Geoff Marcy, seorang profesor pakar astronomi serta pionir pemburu planet luar tata surya (eksoplanet) dari University of California.
NASA juga mengumumkan adanya 1.094 kandidat lain planet baru yang kemungkinan layak huni. Namun, baru Kepler 22-b merupakan planet pertama yang telah terkonfirmasi. Bulan Februari 2011 lalu dinyatakan bahwa sudah ada 1.235 kandidat planet layak huni. Jadi, total terdapat 2.326 kandidat planet layak huni yang butuh diteliti lanjut.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Informasi Variasi InVa Protection with High Security Level